Penyakit Umum Dalam Budidaya Ikan Nila Jenis Infeksi

Diposting pada

Seperti yang sudah kami janjikan beberapa waktu lalu, saat ini kami akan mengulas penyakit umum dalam budidaya ikan nila jenis infeksi dan non infeksi yang memang sering dialami para petani ikan. Namun di artikel sebelumnya sudah kita singgung bahwa penyakit ikan terbagi oleh dua penyebab yakni penyakit infeksi dan juga nn infeksi, oleh karenanya kami akan urai satu demi satu agar anda bisa mengetahuinya lebih detail.

Untuk penyakit umum ini biasanya dikarenakan oleh serangan dari jamur, bakteri, dan bahkan virus yang menyerang ikan nila. Dan untuk mengetahui penyebab dan juga cara mengatasinya anda bisa menyimak ulasan berikut.

Penyakit Umum Dalam Budidaya Ikan Nila Jenis Infeksi

Saprolegniasis, penyakit yang disebabkan oleh jamur dan menyerang larva, telur ikan serta benih ikan yang masih kecil. Umumnya menyerang pada bagian luar tubuh yang dicirikan oleh adanya benang benang halus putih kecoklatan. Untuk mengatasi penyakit yang satu ini anda bisa merendam ikan atau telur bahkan larva yang terinfeksi dengan larutan NaCl dengan komosisi 5gram tiap liter air sekitar 15 menit, atau larutan formalin dengan komposisi 200-300mg tiap liter air sekitar 1 hingga 3 jam.

Trichodina sp, untuk yang satu ini adalah sejenis micororganisme atau parasit yang menyerang bagian luar tubuh seperti sirip, insang dan bahkan kulit. Cirinya, terdapat luka apada organ yang terserang, dan untuk mengatasinya anda bisa merendam dengan larutan NaCl dengan komposisi 500 hingga 1000 mg untuk setiap 1 liter air selama 24 jam.

Epistylis spp, penyakit yang satu ini pun merupakan dari semacam parasit yang umumnya menyerang kulit, sirip dan juga insang. Ciri ciri ikan yang terserang seperti gerkannya melambat, insang berwarna kecoklatan, ikan terlihat sukar bernafas. Untuk mengatasinya anda bisa merendam ikan yang terserang dengan larutan formalin dengan komposisi 200mg disetiap 1 liter air selama sekitar 40 menit.

Dan perlu anda ingat bahwa penyakit infeksi ini adalah penyakit yang mapu menularkan pada ikan lainnya, untuk itu anda harus lebih sigap dalam perawatannya. Karena jika tidak infeksi ini akan terus menyerang ikan lainnya. Demikian informasi dari kami, namun untuk penyakit non infeksi yang menyerang ikan nila akan kami sampaikan di sesi berikutnya, semoga ulasan penyakit umum dalam budidaya ikan nila jenis infeksi diatas bisa membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *